PAMERAN PENDIDIKAN TAHUN 2023

Gambar 1.1
Deretan Poster Lingkungan Hasil Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada kegiatan Pameran Pendidikan Tahun 2023.

Pada Pameran Pendidikan 2023 kemarin, yang dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan SMK Negeri 2 Lamongan mengambil tema “Pameran Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila”. Pameran Pendidikan yang berlangsung selama dua hari tanggal 1 s.d. 2 Mei 2023 tersebut diikuti oleh beberapa TK, SD, SMP/MTs dan SMA/SMK Sederajat. SMK Negeri 2 Lamongan menampilkan Gebyar Karya Produk Kreatif Siswa, yekni merupakan hasil karya kreatifitas yang dibuat oleh siswa pada kegiatan penerapan P5 di sekolah. Diantaranya pembuatan Poster dengan tema menjaga lingkungan, pengecatan bak sampah, dan karya kreatif siswa sesuai kompetensi keahlian masing-masing. Siswa-siswi kelas X perkelas dibagi kelompok oleh Tim P5 untuk mengerjakan tugas tersebut.

Gambar 2.1
Siswa bernama Junian Akhas Natalaseh kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Mekatronika sedang membuat gantungan kunci dari bahan akrilik.

Selain produk kreatif dari siswa, SMK Negeri 2 juga menampilkan produk unggulan dari Kompetensi Keahlian TM, yakni Mesin Laser Cutting. Merupakan alat baru Kompetensi Keahlian Teknik Mekatronika yang dibelikan dengan dana BPOPP. Alat ini dapat digunakan untuk membuat kerajinan dari bahan akrilik, seperti Vandel akrilik, Papan Nama Ruangan, Papan Nama Meja, Gantungan Kunci, dll.

Sementara dari Jurusan TEI menampilkan Andorid Bluetooth Robot Car. Merupakan robot car mini yang berbasis Arduino uno menggunakan input Bluetooth android. Memiliki perangkat Bluetooth yang bisa terhubung ke android. Berdaya 5volt, memiliki badan motor beroda yang bisa memiliki kemampuan berputar 360°. Cara untuk menggerakkan robot ini dengan menghubungkan HP Android melalui aplikasi Bluetooth RC Car. Robot Car ini salah satu alat yang paling dicari, terutama bagi anak-anak. Selain bisa digunakan untuk bermain game balap, di SMK Negeri 2 Lamongan kita juga diajarkan untuk membuat Robot Car dengan alat yang sederhana dan mudah dicari. 

Gambar 3.1
Pengunjung kalangan anak-anak mencoba Robot RC di stand SMK Negeri 2 Lamongan.

Karya kreatif siswa lainnya yakni, busana dari karung goni hasil kreasi siswa kelas X kompetensi keahlian DPB dari kegiatan pengembangan P5 di sekolah. Selain itu ada sarung bantal dan taplak meja dari kain perca. Ada juga Sabun Batangan dan Lilin Pengharum Ruangan hasil kreasi dari Kompetensi Keahlian Kimia Industri.