SMK Negeri 2 Lamongan English Challenge 2020

Dukungan Pemerintah dalam Upaya Menjamin Kualitas Lulusan SMK
Melalui Program Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan
Bahasa Inggris dengan TOEIC Hadir Kembali, Mari Mendaftar!

Menyadari pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan Vokasi dalam membangun sumber daya manusia, pemerintah memberikan dukungan kegiatan peningkatan kualitas dan daya saing calon lulusan SMK baik dengan pelatihan ataupun sertifikasi agar siswa memiliki kesiapan dan skill yang dibutuhkan saat memasuki dunia kerja. Hal ini juga merupakan salah satu upaya mendorong terwujudnya link and match antara Pendidikan Vokasi dan Dunia Industri/Dunia Kerja. Salah satu aspek yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar internasional.
Pemerintah melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK) kembali membuka peluang bagi SMK di seluruh Indonesia untuk memperoleh bantuan sertifikasi internasional melalui program SMK English Challenge 2020—Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC bagi Siswa SMK. Program tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan cakupan quota penerima program yang meningkat dari tahun ke tahun. Tahun ini, pemerintah menyediakan kuota bantuan sebanyak 75,000 tes TOEIC dengan harapan akan lebih banyak siswa SMK di Indonesia yang tersertifikasi secara internasional dan dapat merasakan manfaatnya saat nanti sudah terjun di dunia kerja.
Di tengah pandemi Covid-19, tentunya akan ada tantangan yang harus dihadapi saat implementasi program agar fokus utama terkait kualitas output para lulusan SMK dapat tetap terjaga dan ditingkatkan. Penyesuaian di berbagai aspek implementasi akan dilakukan selama program ini berjalan dengan memanfaatkan teknologi Computer Based Test (CBT) dan Distance Learning yang saat ini telah banyak diterapkan oleh institusi pendidikan di Indonesia.
Penyaluran Bantuan Ujian Sertifikasi Internasional TOEIC bagi siswa SMK akan melalui tahap seleksi untuk memastikan bantuan diterima secara tepat sasaran oleh para siswa SMK yang memiliki keunggulan berbahasa Inggris. Program penguatan pembelajaran bagi siswa yang lolos seleksi juga akan ditambahkan di tahun ini. Pada tahap ini, siswa akan mengikuti pembelajaran yang akan diberikan dalam bentuk Distance Learning selama 8 sesi dilengkapi dengan materi latihan soal digital.
Kesempatan ini terbuka seluas-luasnya bagi setiap siswa SMK di Indonesia. Dengan memiliki sertifikat internasional TOEIC, maka para lululsan SMK diharapkan dapat meningkatkan mutu dan daya saingnya di pasar kerja global. Kepala Sekolah atau Koordinator Sekolah dapat segera melakukan pendaftaran program yang telah dibuka pada tanggal 16 Juli 2020 di link berikut: http://bit.ly/SMKRegistration.
Dengan adanya kesempatan ini, SMK Negeri 2 Lamongan juga turut serta mendaftarkan siswa/siswi kami untuk dapat mengikuti proses seleksi. Semoga jumlah siswa yang lolos seleksi dan tersertifikasi TOEIC dapat mencapai jumlah dan skor yang maksimal.
Link untuk Mengunduh Panduan Program:
https://drive.google.com/file/d/1_jQNurVRptw5NVB3V8cwVA_RpHhrxRTy/view
Link Youtube untuk Melihat Tutorial Pendaftaran:
https://youtu.be/mqJjnOyT5us
(infografik umum program)