UPACARA PERINGATAN HARI LAHIRNYA PANCASILA TAHUN 2023

Gambar 1.1
Pengibaran Bendera Merah Putih kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila

Menindaklanjuti surat dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur Dinas Pendidikan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Lamongan, nomor: 421.6/4714/101.6.23/2023 tanggal 29 Mei 2023 perihal Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila. Pada hari kamis 1 juni 2023 SMK Negeri 2 Lamongan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di lapangan utama SMK Negeri 2 Lamongan.

Upacara ini diikuti oleh seluruh warga masyarakat SMK Negeri 2 Lamongan diantaranya, Bapak/Ibu Guru, Karyawan, serta siswa-siswi kelas X dan XI. Bapak Drs. MATEKUR, M.Pd., MT. bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya beliau menyampaikan sambutan dari Kemendikbudristek Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.

Gambar 1.2
Peserta Upacara Hari Lahir Pancasila

Berikut kutipannya,

“Pancasila hingga saat ini menjadi tetap relevan ditengah dinamika. Prinsip-prinsip Pancasila perlu kita jaga dalam seluruh aktifitas negara. Di tengah padatnya kegiatan dalam melaksanakan tugas, mari kita sejenak berefleksi dan memahami filosofi yang menjadi nyawa negara Indonesia. Pancasila mengandung 5 (lima) nilai, universal dasar yakni:

  1. Ketuhanan
  2. Kemanusiaan
  3. Kebiniekaan
  4. Demokrasi
  5. Keadilan Sosial

Selain program dan kebijakan, Kemendikbudristek juga Menyusun “Profil Pelajar Pancasila” yang menjadi perwujudan pelajar Indonesia sebagai pembelajar sepanjang hayat. Profil Pelajar Pancasila tersebut mengandung ciri sebagai berikut:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia;
  2. Berkibinekaan global;
  3. Bergotong royong;
  4. Mandiri;
  5. Bernalar kritis, dan
  6. Kreatif.

Kita adalah penyelenggara negara yang merupakan lini terdepan dalam menjaga nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam urusan pemerintahan dibidang Pendidikan dan Kebudayaan.

Mari kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

Selamat Hari Lahir Pancasila”.

Gambar 1.3
Bapak Kepala Sekolah bersama Bapak/Ibu Wakasek beserta petugas Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila
Gambar 1.4
Bapak/Ibu Guru dan Karyawan berpose bersama setelah mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila