PRA MPLS SMK NEGERI 2 LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2024.2025

Gambar 1.1
Bapak Moch. Zainul Arifin, S.Pd. selaku panitia sie upacara sedang melatih peserta didik baru gladi upacara pembukaan MPLS 2024/2025.

Jum’at 12 Juli 2024 SMK Negeri 2 Lamongan Melaksanakan kegiatan Pra MPLS Tahun Pelajaran 2024/2025. Pra MPLS adalah tahap awal orientasi yang sangat penting bagi siswa baru di sekolah. Pra MPLS merupakan singkatan dari Pra Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, yang bertujuan untuk memperkenalkan peserta didik baru dengan lingkungan sekolah sebelum memasuki tahap MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).

Kegiatan Pra MPLS mengandung gambaran tentang apa yang akan dilakukan selama proses MPLS, seperti aturan, barang yang akan dibawa, dan kegiatan yang akan dilakukan selama proses MPLS. Kegiatan MPLS merupakan bagian penting dari program sekolah, pasti memiliki tujuan yang sangat bermanfaat bagi siswa baru.

Tujuan MPLS bagi peserta didik baru adalah:

  1. Memberikan pembekalan kepada calon peserta didik baru agar bisa lebih cepat untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan pembelajaran maupun kesiswaan.
  2. Mengenal serta memahami lingkungan sekolah sebagai salah satu lingkungan akademis dan memahami mekanisme yang sudah berlaku di dalamnya.
  3. Memperkanlkan dan juga menambah wawasan terhadap peserta didik baru dalam penggunaan sarana akademik yang telah di sekolah secara maksimal.
  4. Mengembangkan kemampuan baik itu intelektual, emosional dan spiritual peserta didik baru.
  5. Memupuk rasa solidaritas dan toleransi di antara civitas akademika, menjalin keakraban, slaing menghormati dan menghargai kepentingan sesame
  6. Menumbuh kembangkan rasa memiliki serta tanggung jawab terhadap pilihan dan disiplin ilmu.
  7. Memantapkan sikap juga mental peserta didik baru.
Gambar 1.2
Ibu Nurul Qumairo’, S.Pd. Selaku Pendamping Kelas X TITL 2 sedang memberikan pengarahan mengenai kegiatan MPLS.

Kegiatan Pra MPLS dimulai pukul 06.30 hingga pukul 10.00 WIB. Diawali dengan penjemputan calon peserta didik baru oleh Bapak/Ibu pendamping kelas di halaman sekolah. Dilanjutkan registrasi Calon Peserta Didik Baru di lobby SMK, yakni dengan mengisi daftar hadir peserta Pra MPLS. Kemudian Calon Peserta Didik Baru memasuki ruang kelas untuk perkenalan teman sekelas dan pemaparan buku panduan MPLS.

Selanjutnya pengarahan (penyampaian informasi) mengenai kegiatan MPLS. Dilanjutkan dengan gladi upacara pembukaan MPLS di Lapangan Upacara. Diakhiri dengan sholat dhuha berjama’ah di masjid babussalam SMK Negeri 2 Lamongan dan doa, berikutnya Calon Peserta Didik Baru diperbolehkan pulang kerumah masing-masing. 

Kegiatan Pra MPLS ini memberikan kesempatan peserta didik baru menyesuaikan diri dan memberi edukasi terkait aktivitas yang dilakukan selama pelaksanaan MPLS. Kegiatan ini sangat penting untuk mempercepat peserta didik agar lebih dini mengenal lingkungan belajarnya.

Gambar 1.3
Bapak Anang Fahrur Rozi, S.Pd. selaku Pendamping Kelas X TKR 1 sedang memberikan pengarahan mengenai buku panduan MPLS 2024-2025.