SIMULASI ANBK 2023

Gambar 1.1.
Suasana Simulasi ANBK di Laboratorium TKJ SMK Negeri 2 Lamongan

Lamongan (Tim ICT SMK Negeri 2 Lamongan) – Dalam upaya mempersiapkan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), beberapa sekolah dijadwalkan untuk menjalankan sesi gladi bersih. Kegiatan gladi bersih ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana kesiapan sekolah dalam menghadapi ANBK, serta untuk mengidentifikasi potensi masalah teknis yang mungkin timbul saat pelaksanaan. ANBK ini pun telah dijalankan di SMK Negeri 2 Lamongan selama dua hari, yakni pada senin, 21 Agustus 2023 sampai dengan selasa, 22 Agustus 2023.

Gladi Bersih ANBK di SMK Negeri 2 Lamongan melibatkan dua puluh peserta didik dari kelas XI yang didampingi oleh dua orang guru, yang bertugas sebagai proktor (pengawas ujian) dan teknisi.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah ujian nasional yang dilakukan secara daring, dengan siswa menjawab soal-soal ujian menggunakan perangkat komputer atau laptop. Persiapan yang matang, termasuk memastikan kesiapan teknis dan jaringan internet, sangat penting untuk menjamin kelancaran pelaksanaan ANBK dan kesuksesan siswa dalam mengikuti ujian tersebut.

Sebelum melaksanakan ANBK yang sesungguhnya, siswa dapat melakukan simulasi ANBK 2023 untuk berlatih sekaligus mempersiapkan diri. ANBK adalah Asesmen nasional Berbasis Komputer. ANBK ini dirancang dan dilaksankan oleh kemendikbud sebagai pengganti Ujian Nasional (UN).

ANBK terdiri dari tiga instrumen, yaitu:

  • Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
  • Survei Karakter
  • Survei Lingkungan Belajar

Mengutip dari laman resmi Kemendikbud, Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Bertujuan untuk meningkatkan mutu Pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Sementara, ANBK memiliki kepanjangan Asesmen nasional Berbasis Komputer yang merupakan program penilaian mulai dari,

  • Mutu sekolah
  • Madrasah
  • Program kesetaraan di jenjang dasar dan menengah

Asesmen Nasional ini dilakukan dengan 3 instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Pemerintah pun sudah secara resmi menjadikan ANBK sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan proses penilaian ANBK tidak sembarangan. Namun, kelulusan siswa tidak ditentukan dari nilai ujian ANBK.

Siswa akan diuji dengan beberapa soal seperti numerik dan literasi agar bisa memaksimalkan pemahaman dalam proses pembelajaran siswa di sekolah. Maka dari itu, siswa diharapkan bisa mempersiapkan ANBK 2023 dengan sebaik mungkin.

Mekanisme Simulasi ANBK 2023

Untuk mengikuti simulasi ANBK 2023, harus memiliki kartu peserta ANBK terlebih dahulu. Kartu ini akan dibagikan kepada pesreta didik. Setelah itu, ikuti mekanisme simulasi ANBK 2023 yang dilakukan secara online, berikut langkahnya:

  1. Login di situs resmi ANBK
  2. Login ke proktor laman dengan user yang sudah dibuat
  3. Pilih hari tes dan kelompoknya sesuai kebutuhan
  4. Setelah itu, klik “Selanjutnya”
  5. Tunggu hingga token muncul
  6. Jika sudah muncul, peserta didik bisa login dan memberikan petunjuk pengerjaannya.
  7. Setelah itu, peserta diperbolehkan mengisi semua soal yang disediakan
  8. Jika sudah selesai, jangan lupa melakukan log out.