SMK NEGERI 2 LAMONGAN MENYELENGGARAKAN UJIAN PRAKTEK SEBAGAI KELENGKAPAN PENILAIAN UJIAN SEKOLAH TAHUN 2024

Gambar 1.1.
Bapak Drs. Sugeng Mujari sedang menyampaikan arahan terkait Ujian Praktek Mata Pelajaran PJOK.

SMK Negeri 2 Lamongan menuntaskan tahapan rangkaian kegiatan penilaian dengan melaksanakan Ujian Praktik bagi kelas XII. Dalam rangka pelaksanaan penilaian akhir sekolah atau Ujian Sekolah tahun pelajaran 2023/2024. Ujian praktik ini dilaksanakan paska dilaksanakannya ujian tulis yakni mulai hari senin (22/4) sampai dengan jum’at (26/4) dengan diikuti seluruh siswa kelas XII sebanyak 415 peserta.

Adapun pelajaran-pelajaran yang melaksanakan ujian praktik pada tahun pelajaran 2023/2024 di SMK Negeri 2 Lamongan ada 4 mata pelajaran diantaranya:

  1. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) berlokasi di Lapangan
  2. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) berlokasi di Masjid Babussalam
  3. Prakarya dan Kewirausahaan (PKK) berlokasi di Ruang J3
  4. Kesenian berlokasi di Ruang Guru Lama

Ujian Praktik yang diselenggarakan merupakan kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tertentu. Pelaksanaan ujian praktik dilakukan dengan tujuan untuk mengukur mutu dan pencapaian hasil belajar psikomotorik, kecakapan dan keterampilan peserta didik pada akhir jenjang satuan pendidikan pada mata pelajaran yang telah ditentukan, juga mempertanggungjawabkan pelaksanaan pembelajaran, kecakapan dan keterampilan peserta didik selama menempuh pendidikan di SMK Negeri 2 Lamongan.

Pengambilan nilai ujian praktik ini memiliki fungsi yaitu sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu sekolah, umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran di sekolah, sebagai alat pengendali mutu pendidikan dan juga sebagai pendorong peningkatan mutu pendidikan.

Gambar 1.2.
Bapak Nur Kholis, S.Pd. selaku penguji Ujian Praktek Mata Pelajaran PABP.
Gambar 1.3.
Ibu Kuswati, S.Pd. bersama dengan Ibu Nitro Anjana, S.Pd. selaku penguji Ujian Praktek Mata Pelajaran Kewirausahaan.
Gambar 1.4.
Ibu Irma Dwi Mariana, S.Pd. selaku penguji Ujian Praktek Mata Pelajaran Kesenian.