PEMBINAAN KARAKTER RELIGI PESANTREN RAMADHAN 1444 H SMK NEGERI 2 LAMONGAN TAHUN 2022/2023

Gambae 1.1
Jama’ah Sholat Dhuha Kegiatan Pesantren Ramadhan 1444 Hijriyah

Barisan shaf tertata rapi dan terlihat begitu khusu’ jama’ah para siswa peserta Pesantren Ramadhan 1444 Hijriyah. Sholat dhuha yang dilaksanakan tiap pukul 07.00 wib ini merupakan salah satu rentetan jadwal kegiatan Pesantren Ramadhan 1444H. Pagi hari sebelum memasuki ruang kelas, seluruh siswa beserta Bapak/Ibu guru berkumpul di Masjid Babusssalam SMK Negeri 2 Lamongan, untuk melaksanakan jama’ah sholat dhuha. Bertindak sebagai imam sholat dhuha yakni Bapak Nur Cholis, S.Pd. selaku guru Agama dan juga merupakan salah satu panitia kegiatan Pesantren Ramadhan 1444H.

Kegiatan Pesantren Ramadhan 1444 H ini dilaksanakan dari tanggal 27 s.d. 30 maret 2023. Wajib diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas X dan XI SMK Negeri 2 Lamongan. Bagi siswa kelas XII tidak diwajibkan, karena difokuskan untuk pelaksanaan UNBK. Pesantren Ramadhan 1444 H dibuka dan diresmikan dihari pertama berlangsung, oleh Bapak Drs. MATEKUR, M.Pd., MT. selaku Kepala SMK Negeri 2 Lamongan pada hari senin, 27 Maret 2023.

Gambar 1.2
Salah satu siswa kelas X membanyar Zakat Fitrah di Masjid Babussalam

Panitia Pesantren Ramadhan SMK Negeri 2 Lamongan juga memberika fasilitas pembayaran Zakat Fitrah bagi siswa. Kegiatan dilaksanakan setelah siswa mengikuti jama’ah sholat dhuha. Selain Bapak/Ibu guru yang bertugas sebagai amil zakat, juga dibantu beberapa pengurus OSIS sebagai pencatat data penyetor. Hal ini diharapkan sebagai bahan pelajaran kepada pengurus OSIS sehingga mendapat pengalaman lebih. Ketika bermasyarakat di desanya tidak kaku dan bisa bermanfaat.  

Gambar 1.3
Tadarus Al-qur’an dengan disemak Pendamping Kelas Masing-masing.

Kegiatan berikutnya dilanjutkan memasuki ruang kelas untuk mengikuti tadarus Al-qur’an dan diberikan pemahaman materi dari masing-masing pendamping kelas. Diantaranya materi tentang Bersyukur Kepasa Allah SWT, Mencintai Rasulullah, Bab Puasa, Zakat Fitrah, Akhlak Terhadap Guru, Berbakti Kepada Orangtua, Toleransi Dalam Prespektif Islam, Biografi Imam Syafi’i. Bapak David Samson Huda, S.Pd. yang merupakan salah satu wali kelas X juga bertugas untuk mendengarkan, meneliti dan membenarkan bacaan Al-qur’an siswanya.