MPLS SKANEDA DAY 1

Gambar 1.1
Bapak Roni Zuzun Nasution, S.Kom., M.Kom. selaku Plt. Kepala SMK Negeri 2 Lamongan memasangkan id card peserta MPLS Tahun Pelajaran 2024/2025.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2024/2025 berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 15 s.d. 17 Juli 2024. Bertempat di ruang AULA dan kegiatan outdoornya di Lapangan upacara.

Ketika peserta didik baru hadir, di halaman depan disambut oleh Bapak/Ibu pendamping kelas. Setelahnya para peserta didik baru menuju ruang AULA SMK Negeri 2 Lamongan untuk mengikuti Apel Pembukaan MPLS.

Prosesi Apel pembukaan MPLS tahun ini berlangsung serempak, dengan mengikuti zoom meeting Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Bertindak sebagai pembina apel pembukaan MPLS adalah Bapak Adhy Karyono selaku PJ. Gubernur Jawa Timur tahun 2024.

Gambar 1.2
Beberapa Peserta MPLS memperoleh bantuan sumbangan seragam sekolah dari pihak SMK Negeri 2 Lamongan.

Seluruh peserta didik baru mengikuti Apel Pembukaan MPLS dengan hikmat. Mulai dari menyanyikan lagu Indonesia raya, penyematan tanda peserta, hingga pemberian santunan bantuan seragam sekolah kepada beberapa siswa terpilih.

Sesuai tema MPLS tahun ini, SMK Negeri 2 Lamongan juga turut mengikuti penanda tanganan “Deklarasari Anti Perundungan” dari mulai Bapak Plt. Kepala Sekolah, Bapak/Ibu GTK dan para peserta didik baru.

Gambar 1.3
Peserta Didik baru mengikuti kegiatan penanda tanganan deklarasi anti perundungan.

Dalam sambutannya Bapak PJ. Gubernur Jatim  menyampaikan, “MPLS membawa tema Kampanye Anti Perundungan, kami ingin mengajak Ketika ada perundungan, maka itu menjadi kewajiban bersama. Menjaga seluruh siswa, membangun komunikasi dengan siswa  dan orang tua. Pelatihan peningkatan kapasitas guru dan cara menanggulangi anti perundungan“.

Tahun ini jawa timur memperoleh juara LKS membuktikan bahwa, siswa-siswa jawa timur jauh lebih baik dari wilayah lain. Berikutnya kami ingin seluruh peserta didik baru memanfaatkan betul kegiatan MPLS untuk mengenal sekolahnya. Jadilah generasi yang Tangguh. Kita harus jadi generasai yang aktif anti perundungan. Menjadi agen perubahan bagi generasi kita“.

Gambar 1.4
Peserta MPLS menunjukkan poster anti perundungan yang telah dibuat dari rumah.
Gambar 1.5
Peserta MPLS melambaikan Bendera Merah Putih ketika proses zoom meeting, menunjukkan kegiatan pembukaan Apel MPLS sudah diakhiri oleh Provinsi Jawa Timur.

Setelah mengikuti prosesi Apel pembukaan MPLS dengan provinsi. Kegiatan dilanjutkan dengan materi wawasan wiyata mandala yang disampaikan oleh Bapak Roni Zuzun Nasution, S.Kom., M.Kom. selaku Plt. Kepala SMK Negeri 2 Lamongan.

Berikutnya adalah para peserta didik baru mengikuti Pre Test. Kegiatan dipandu oleh Ibu Juli Iffatu, S.Pd. dan Ibu Siti Maria Ulfa, S.Pd.

Para peserta didik baru diberikan waktu istirahat selama 30 menit. Setelahnya mengikuti materi pengenalan kurikulum & P5 yang disampaikan oleh Bapak Sola Chuddin, S.Kom. Dilanjutkan materi pengenalan DUDIKA dan Kewirausahaan oleh Bapak Dwi Setiaji, S.Pd. seluruh kegiatan berlangsung di ruang AULA SMK Negeri 2 Lamongan.

Gambar 1.6
Penyampaian Materi Wawasan Wiyata Mandala oleh Bapak Roni Zuzun Nasution, S.Kom., M.Kom. selaku Plt. Kepala SMK Negeri 2 Lamongan.
Gambar 1.7
Ibu Siti Maria Ulfa, S.Pd. selaku pemateri Pre Test peserta MPLS Tahun Pelajaran 2024/2025.
Gambar 1.8
Materi Pengenalan Kurikulum dan P5 oleh Bapak Sola Chuddin, S.Kom.
Gambar 1.9
Bapak Dwi Setiaji, S.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, menyampaikan materi mengenai Pengenalan DUDI dan Kewirausahaan.
Materi 1.10
Materi Pengenalan Kompetensi keahlian di Bengkel/Lab masing-masing. Salah satunya adalah Bapak Senja Rokhma K, S.Kom. pada kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Materi selanjutnya adalah pengenalan Kompetensi Keahlian yang berlangsung di ruang Lab/Bengkel masing-masing, diantaranya:  

  1. Teknik Pengelasan Kapal disampaikan oleh Bapak Nur Komari, S.Pd.
  2. Teknik Mekatronika disampaikan oleh Ibu Yoelistyowati, S.Pd., M.Pd.
  3. Komputer dan Jaringan disampaikan oleh Bapak M.W. Mahendra, ST. dan Bapak Senja Rokhma K, S.Kom. S.ST.
  4. Teknik Elektronika Industri disampaikan oleh Bapak Januar Darmawan, S.Pd. dan Ibu Rosyidatul Hidayah, S.Pd.
  5. Teknik Pengelasan disampaikan oleh Bapak Taufik Mahsuli, S.Pd., Gr.
  6. Teknik Instalasi Tenaga Listrik disampaikan oleh Bapak Alek Pujiono, S.Pd. dan Ibu Enjang Rahmawati, S.Pd.
  7. Teknik Kendaraan Ringan  disampaikan olek Bapak Didik Wahyu W, S.Pd. dan Bapak Rudi Prasetyo H, S.Pd. bersama Bapak Drs.Efta Teguh B
  8. Desain dan Produksi Busana disampaikan oleh Ibu Irma Dwi Mariana, S.Pd.
  9. Teknik Kimia Industri disampaikan oleh Ibu Jumaliyah, S.Pd.

Kegiatan MPLS hari pertama diakhiri dengan sholat dhuhur berjamaah di masjid babussalam SMK Negeri 2 Lamongan.

Gambar 1.11
Peserta didik baru mengikuti kegiatan Sholat Dhuhur Berjama’ah di Masjid Babussalam SMK Negeri 2 Lamongan.
Gambar 1.12
Penyambutan peserta didik baru dilaksanakan di halaman SMK Negeri 2 Lamongan.
Gambar 1.13
Pengisian administrasi peserta MPLS dibantu oleh Bapak/Ibu pendamping kelas X.