ASASMEN KEJURUAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Gambar 1.1
Bapak Mas Adi Putra P, S.Pd., MM. selaku Koordinator Tim Asasmen Kejuruan peserta didik baru tahun pelajaran 2023/2024.

Lamongan, 21 Juli 2023. Menyambut para peserta didik baru adalah momen penting bai setiap sekolah, termasuk di SMK Negeri 2 Lamongan. saat memulai perjalanan pendidikannya di SMK peserta didik baru memerlukan pemahaman mendalam tentang potensi, kebutuhan, dan keterampilan mereka. Oleh karena itu, palaksanaan asesmen awal menjadi salah satu Upaya terpenting dalam mendukung pertumbuhan akademik dan sosial mereka.

SMK Negeri 2 Lamongan telah memulai tahun ajaran baru dengan melakukan asasmen awal bagi peserta didik baru guna memahami potensi, kebutuhan, dan keterampilan mereka dalam perjalanan pendidikan mereka. Asasmen awal ini bertujuan untuk memberikan dukungan yang tepat dan mendalam dalam mendorong pertumbuhan akademik dan soial peserta didik.

Sebagai Langkah awal, para peserta didik baru diwajibkan mendaftar di sekolah dengan menyediakan data awal tentang latar belakang dan prestasi mereka di sekolah sebelumnya. Data ini menjadi landasan bagi proses asasmen yang lebih komprehensif di kemudian hari.

Proses asasmen awal melibatkan beberapa tahap yang cermat dan terencana. Tahap awal adalah asasmen yang dilakukan oleh tiap jurusan. Asasmen ini membantu menganalisis minat dan bakat yang bertujuan untuk mengidentifikasi bidang-bidang yang diminati dan potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Hasil asasmen ini memberikan wawasan yang berharga dalam menentukan program studi yang sesuai dengan minat dan potensi masing-masing peserta didik.

Tidak hanya mengandalkan hasil asasmen. Panitia MPLS juga melakukan observasi dan wawancara dengan para peserta didik baru. Hal ini bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang kepribadian, motivasi, dan harapan peserta didik terhadap masa depan. Dengan pendekatan ini, sekolah berupaya mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang karakteristik peserta didik.

Hasil dari keseluruhan proses asasmen awal dianalisis secara cermat oleh tim asasmen SMK Negeri 2 Lamongan. Data-data ini menjadi acuan untuk menempatkan peserta didik baru ke program studi yang sesuai dengan minat  dan potensi mereka. Langkah ini juga bertujuan agar peserta didik dapat berkembang secara optimal dan menggapai prestasi terbaik dalam Pendidikan mereka.

Dengan proses asasmen awal yang cermat dan berkesinambungan, SMK Negeri 2 Lamongan berharap dapat menciptakan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan di dunis kerja. Peserta didik baru yang bergabung di SMK Negeri 2 Lamongan dapat memulai perjalanan Pendidikan mereka dengan keaykinan dan semangat untuk meraih masa depan yang gemilang.

Dalam hal ini, yang bertugas sebagai Tim Asasmen adalah Bapak/Ibu Guru BK dan para Kaprogli SMK Negeri 2 Lamongan. Kegiatan dilaksanakan diruang kelas masing-masing dengan cara wawancara. Secara bergantian satu-persatu siswa maju untuk diberikan beberapa pertanyaan oleh Bapak/Ibu Tim Asasmen. Jawaban dari masing-masing peserta didik itulah yang akan digunakan sebagai penilaian hasil dari asasmen kejuruan peserta didik.

Gambar 1.2
Ibu Arimah, S.Pd. selaku guru BK SMK Negeri 2 Lamongan saat prosesi Asasmen Kejuruan peserta didik baru tahun pelajaran 2023/2024.